Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami, Ampuh, Cepat dan Mudah Dicoba

10 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami, Ampuh, Cepat dan Mudah Dicoba

TANYABERITA.COM – Kulit kering membuat penampilan berkurang dan turunnya rasa percaya diri. Apalagi jika sampai kulit bersisik atau pecah-pecah. Tentu akan sangat mengganggu. Kali ini, Sabtu (20/02/2021) kita akan membahas kulit kering sebagai salah satu jenis kulit yang ada. Kulit kering merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang selain jerawat serta flek hitam di wajah yang sangat mengganggu. Dimulai dari penyebab umum yang dapat memicu terjadinya kulit kering.

Penyebab Kulit Kering

Kondisi kulit kering merupakan keadaan kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Walaupun begitu, kulit kering juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lebih serius, terutama jika ekstrem dan tidak bisa diatasi dengan pelembap atau cara-cara sederhana lainnya.

Umumnya, kulit kering diakibatkan oleh pengaruh faktor lingkungan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Cuaca

Udara yang panas dan kering bisa membuat kulit terasa ketat dan kering. Hal seperti ini juga biasa terjadi di tengah cuaca dingin. Sebagai solusinya, Anda hanya perlu pelembap ekstra.

2. Mandi Air Hangat

Berlama-lama mandi, terutama dengan air bersuhu tinggi bisa menyapu kelembapan dari permukaan kulit.

3. Sabun dengan Formula Keras

Face wash atau body wash dengan formula keras dapat memicu kulit kering. Ciri-cirinya adalah kulit yang terasa kesat dan kasar. Sudut bibir yang mengelupas juga termasuk salah satu tandanya.

4. Pendingin Ruangan (AC)

Nyatanya, berada di dalam ruangan yang dilengkapi pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner)

5. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Berjemur di pagi hari memang sehat. Namun lain ceritanya kalau kulit Anda harus terpapar sinar matahari di siang yang terik. Paparan sinar matahari berlebih bisa menjadikan kulit kering, kusam, dan mengalami hiperpigmentasi. Gunakan tabir surya atau yang dilengkapi SPF tinggi setiap hari untuk melindungi kulit dari kekeringan dan kerusakan.

Dampak Buruk Kulit Kering bagi Kesehatan

Kulit kering mungkin terdengar sepele. Namun kulit kering yang tidak dirawat bisa mengelupas, gatal, dan pecah-pecah. Akibatnya kulit jadi terluka. Kulit yang terbuka akan memberikan akses bagi virus dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Karena itulah menjaga kelembapan kulit juga bagian penting dari mencegah penyakit.

Tips Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa diatasi agar tetap lembap dengan menggunakan moisturizer. Anda bisa memanfaatkan produk yang tersedia di pasaran atau menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa di antara tips cantik alami dalam mengatasi kulit kering yang Anda rasakan.

1. Minyak Kelapa

Bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering yang pertama adalah minyak kelapa. Di dalam minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh, pelembap alami yang bertugas sebagai emollient. Pelembap ini akan mengisi ruang kosong di sela-sela sel dan menjadikan permukaan kulit lembap. Minyak kelapa juga cukup aman untuk bagian kulit yang sensitif, misalnya area sekitar mata dan mulut.

2. Petroleum Jelly

Cara alami untuk mengatasi masalah kulit kering selanjutnya adalah dngan memanfaatkan petroleum jelly. Mineral oil atau lebih populer dengan nama petroleum jelly bakal melapisi kulit dan menjaga kelembapan di bawahnya. Karena itulah, produk ini efektif membantu merawat kurit kering dan mengelupas karena iritasi.

3. Oatmeal

Masalah kulit kering juga dapat diatasi dengan oatmeal. Studi pada tahun 2015 membuktikan bahwa oatmeal bisa membantu merawat kulit kering, terutama colloidal oatmeal yang memiliki bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Berendam dengan air hangat yang dicampur oatmeal halus bisa menenangkan kulit iritasi dan gatal.

4. Madu

Tahu Anda jika mengembalikan kelembapan kulit yang kering juga bisa dilakukan dengan madu. Bahan alami yang satu ini pun ampuh mengatasi masalah bibir dan tumit yang kering pecah-pecah serta siku yang kasar.

5. Minyak Zaitun

Bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering yang kelima adalah minyak zaitun. Selain menyehatkan tubuh, minyak zaitun pun punya khasiat untuk kecantikan. Sebab minyak zaitun membantu kulit kembali tampak lebih lembap akibat kekeringan.

6. Tomat

Cara alami untuk mengatasi masalah kulit kering selanjutnya Anda dapat juga menggunakan tomat. Sebab, tomat kaya akan vitamin C yang membantu pembentukan kolagen. Tomat juga kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Jangan lupa untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab likopen dalam tomat akan berlipat ganda setelah bersentuhan dengan panas.

7. Wortel

Bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering yang ketujuh adalah wortel. Pasalnya, wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit dari dalam.

8. Makanan Sumber Asam Lemak Omega-3

Bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering selanjutnya berasal dari makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Sebut saja ikan salmon, ikan kembung, teri, tuna, tongkol, tenggiri, dan ikan selar merupakan beberapa contoh ikan yang mengandung asam lemak Omega-3. Asam lemak yang satu ini penting juga untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit dari dalam.

9. Blueberry

Bahan alami nomor sembilan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering adalah buah blueberry. Hal itu disebabkan karena kandungan vitamin dan nutrisi dalam blueberry memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang ikut bertanggung jawab atas kekeringan, kerusakan kulit, dan stretch mark.

10. Alpukat

Cara alami untuk mengatasi masalah kulit kering yang terakhir dari tim TayaBerita.com adalah dengan menggunakan alpukat. Menggabungkan lemak sehat dalam diet Anda juga akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu mencegah kerusakan dan kekeringan pada kulit.