Tips Liburan Hemat, Asyik dan Penuh Kesan untuk Anda Pecinta Traveling

5 Tips Liburan Hemat, Asyik dan Penuh Kesan untuk Anda Pecinta Traveling

TANYABERITA.COM – Setiap orang menginginkan momen liburan yang asyik dan penuh dengan kesan, namun tetap memperhitungkan budget agar tidak boros dan menguras tabungan. Pasalnya, liburan sebisa mungkin bukan hanya ajang untuk bersenang-senang dan melepaskan segala peluh dan penat dalam menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Karena itulah Anda perlu merencanakan segala sesuatunya agar perjalanan traveling dan liburan Anda dapat berjalan dengan lancar, nyaman dan mengasyikkan. Memang benar, biasanya berlibur menghabiskan banyak uang, namun Anda bisa mencoba melakukan sesuatu yang hemat tetapi tetap istimewa tanpa memakan banyak uang Anda.

Tips Liburan Hemat

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pikirkan ketika membuat rencana liburan hemat, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (23/02/2021):

1. Rencanakan Liburan sesuai Budget

Tips pertama adalah dengan menyesuaikan budget Anda. Pastikan Anda mempertimbangkan anggaran dengan baik, ketat dan teliti. Seringkali merencanakan liburan terlebih dahulu, dan setelah itu baru mencoba mencari cara untuk membayarnya.

Ubah kebiasaan semacam itu. Sesuaikan banyak hal di tahun ini dan tetapkan anggaran liburan Anda terlebih dahulu. Setuju untuk membayar semuanya dengan uang tunai dan tetap berpegang pada apa yang Anda mampu. Hindari penggunaan uang non tunai terutama kartu kredit agar pengeluaran Anda tidak membengkak tak terkendali.

2. Pilih Tema Liburan

Tips kedua untuk menghemat saat hendak liburan adalah menentukan tema liburan itu sendiri. Pilih tema untuk membantu memandu keputusan. Lokasi sering kali menentukan apa yang kita lakukan untuk liburan kita. Misalnya, jika Anda berkemah di tepi danau, dapat pergi kano, memancing, atau ski air.

Pertimbangkan untuk meluangkan waktu jauh dari danau dan memilih tema aktivitas dengan pilihan terjangkau. Anda bisa jadi ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata seperti museum atau taman lokal di daerah tersebut.

Dengan sedikit perencanaan sebelumnya, bisa jadi Anda akan menemukan sejumlah kegiatan berbiaya rendah atau bahkan tanpa biaya yang akan dinikmati seluruh keluarga. Tema memberi Anda fleksibilitas dalam memilih ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan tanpa mengeluarkan uang berlebihan.

3. Staycation Sekitar Kota

Nah, tips yang ketiga ini juga akan sangat menghemat budget liburan Anda yang penuh kesan dan terasa istimewa. Jika Anda tidak mampu melakukan perjalanan jauh dan menghabiskan waktu lama, jadilah turis tanpa tersesat.

Anda bisa memutuskan untuk mengambil cuti beberapa hari sebelum atau sesudah perjalanan untuk menikmati taman, mengajak teman-teman untuk makan bersama, atau sekadar bersantai di pantai setempat.

Staycation di hotel sekitar kota adalah pilihan terbaik, datang dengan keuntungan tidak adanya akomodasi tambahan dan biaya transportasi yang mahal.

4. Ambil Giliran Merencanakan Aktivitas Liburan

Buat kalender liburan. Rencanakan hari atau acara secara bergiliran, berikan setiap anggota keluarga kesempatan untuk membantu memutuskan apa yang harus dilakukan. Mulailah dengan pemandu rekreasi komunitas atau daftar acara lokal. Lakukan hal-hal yang Anda tidak pernah punya waktu selama sisa tahun ini.

5. Jangan Lewatkan Tawaran Menit Terakhir

Mungkin saja Anda sering mendengar tips liburan hemat yang satu ini. Bergantung pada anggaran, liburan menit terakhir bisa jadi bisa dilakukan. Berlangganan untuk mendapatkan penawaran online melalui email ataupun aplikasi ticketing dan traveling, dan mulai pantau harga untuk membantu perencanaan Anda. Biasanya akan ada sangat banyak pilihan liburan di menit terakhir dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Mulai dari tiket pesawat hingga tarif kamar hotel atau pun paket liburan lainnya.