Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Mengatasi Kebotakan

5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Mengatasi Kebotakan

TANYABERITA.COM – Kerontokan rambut adalah hal yang normal, rambut memiliki siklus hidup dan akan rontok pada waktunya. Namun adakalanya beberapa faktor dari dalam tubuh menyebabkan rambut rontok lebih banyak hingga menyebabkan kebotakan.

Seperti pada ibu menyusui, orang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, stress dan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Belahan rambut yang tidak pernah dirubah juga dapat memicu kebotakan pada area sekitar belahan.

Banyak jenis perawatan untuk mengatasi rambut rontok dan menumbuhkan rambut pada area kebotakan, mulai dari serum yang merangsang pertumbuhan rambut, hingga sulam rambut jika menginginka cara yang instan.

Cara Alami Menumbuhkan Rambut

Namun sebelum mencoba berbagai cara tersebut, ada baiknya Anda mencoba cara alami untuk menyuburkan rambut dan mengatasi kebotakan secara natural yang TanyaBerita.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/02/2021) sebagai berikut:

1. Konsumsi Makanan Perangsang Pertumbuhan Rambut

Salah satu hal yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah memperbaiki nutrisi dan pola makan. Fokuskan pada makanan sehat yang juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut. Berikut ini adalah makanan yang dipercaya memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut dan memicu pertumbuhan rambut pada area kebotakan:

1.1. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga biotin. Kedua nutrisi ini sangat dibutuhkan untukmerangsang pertumbuhan rambut.

1.2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam lemak penting, vitamin E serta vitamin C, yang bermanfaat bagi kesehatan rambut dan mencegah kebotakan.

1.3. Kimchi

Kimchi merupakan produk fermentasi yang kaya akan probiotik yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

1.4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, patin dan juga lele merupakan sumber omega-3 terbaik yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

1.5. Bayam

kandungan folat, zat besi, dan vitamin A dalam bayam membantu menyuburkan rambut.

1.6. Daging

Daging adalah sumber protein dan zat besi kedua bahan tersebut akan berkolaborasi untuk merangsang pertumbuhan dan menyuburkan rambut.

2. Melakukan Perawatan pada Kulit Kepala

Setelah memperbaiki nutrisi rambut dari dalam hal berikutnya yang harus dilakukan adalah merawat kesehatan rambut dari luar. Selain keramas dan conditioner, menggosok dan memijat kulit kepala dengan minyak dan masker rambut akan membuat peredaran darah di kulit kepala lebih lancar sehingga pertumbuhan rambut juga menjadi lebih baik.

Beberapa minyak dan masker rambut alami yang dapat digunakan antara lain:

2.1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya bisa didapatkan secara langsung dengan cara mengupas lidah buaya kemudian ambil bagian bawahnya dan blender hingga halus. oleskan gel ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat, diamkan bebeapa saat kemudian bilas dan cuci rambut dengan air dingin hingga bersih.

2.2. Minyak Rosemary

Minyak rosemary sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut kembali. Cukup gunakan bebrapa tetes pada kulit kepala kemudian pijat dengan lembut. Lakukan beberapa kali seminggu sebelum keramas.

2.3. Minyak Geranium

Minyak geranium terbukti dapat menunjang pertumbuhan rambut. Anda dapat menggunakannya secara langsung sebagai masker atau mencampurnya dengan shampoo dan gnakan ketika keramas.

2.4. Jus Bawang Merah

Walaupun aromanya sangat menyengat, ternyata masker rambut dari jus bawang merah dipercaya ampuh dan efektif untuk mengatasi kebotakan. Zat aktif dalam bawang merah akan merangsang folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih baik dan lebih lebat.

Caranya cukup haluskan beberapa siung bawang merah hingga menjadi pasta. Kemudian ratakan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat dengan lembut. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dan dicuci hingga bersih dengan air dingin.