Wisata Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog, Wisata Tersembunyi di Lereng Gunung Lawu

TANYABERITA.COM – Air Terjun Jumog merupakan wisata terhits di Kabupaten Karanganyar. Udara sejuk dan hamparan pepohonan rindang mengelilingi tempat wisata ini. Obyek wisata ini posisinya tepat di kaki Gunung Lawu, wisata ini lokasinya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Berlibur memang sesuatu hal yang sangat di damba-dambakan banyak orang. Apalagi ke tempat yang sejuk dan masih alami, dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melepas penat. Salah satu efek berwisata atau berlibur mejadikan anda yang suntuk, beban kerja banyak, atau tugas yang menumpuk, semua itu akan hilang dengan menikmati indahanya panorama alam.

Destinasi wisata karanganyar kali ini yang akan tanyaberita.com bahas dan kami rekomendasikan ialah wisata air terjun jumog. Air terjun Jumog sempat dijuluki Surga yang Hilang. Pasalnya, sebelum resmi dibuka untuk umum pada 2004, air terjun ini ditutupi semak belukar. Akhirnya warga sekitar dibantu pemdes bergotong royong untuk membersihkan tempat ini sehingga bisa kembali dinikmati banyak orang.

Fasilitas Air Terjun Jumog

Wisata ini memiliki ciri khas air yang jernih dan segar, memasuki area wisata ini udara sejuk akan menjadi teman anda mengexplore wisata air terjun jumog ini. Bukan hanya itu saja, sepanjang mata memandang anda akan mendapatkan pemandangan deretan pohon-pohon rindang menjulang tinggi. Tentu ini akan merefresh pikiran anda, dan akan membuat siapapun yang kesini semakin betah.

1. Pintu Masuk 2 Jalur

Untuk saat ini air terjun ini memiliki 2 pintu masuk, untuk anda yang ingin berwisata sambil sedikit berolahraga masuklah lewat pintu 1. Dipintu ini anda akan menurun sekitar 116 anak tangga, tentu akan membuat anda sedikit berolahraga.

Sedangkan untuk pintu masuk 2 jalurnya sedikit berbeda, anda harus sedikit turun lagi dari jalan utama. Warga sekitar juga telah memasang plakat menuju ke wisata air terjun jumog, jadi anda tidak perlu lagi khawatir tersesat. Nah untuk pintu masuk 2 ini, anda tidak perlu mengeluarkan tenaga seperti di pintu masuk 1 atau pintu masuk lama. Jarak pintu masuk dan wisata harga sekitar 10 meter saja, di pintu masuk ini anda akan langsung di lokasi kolam renang yang ada di wisata karanganyar ini.

2. Kolam Renang

Selain menyuguhkan air terjun wisata jumog ini memilik fasilitas lain yang telah disediakan oleh pengelola setempat. Fasilitas tersebut berupa wahana permainan anak berupa jungkat jungkit, ayunan, dan bola panjat. Ada juga kolam renang untuk anak, tak banyak wahana air yang tersedia hanya sekedar ember tumpah saja.

3. Bermain Air

Tujuan utama wisatawan berlibur kesini ialah menikmati segarnya air terjun yang sangat jernih dan segar. Memang kurang lengkap rasanya jika mengunjungi destinasi wisata Indonesia yang satu ini tanpa bermain air ataupun berenang. Oleh karena itu, anda harus siap dengan basah basahan.

Selain ada kolam renang, anda diperbolehkan untuk bermain air langsung dibawah air terjun atau di sungainya. Walaupun anda bisa bermain sepuasnya di lokasi satu ini, anda harus tetap berhati hati. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa spot yang memiliki batu licin. Namun anda tidak perlu khawatir debit air di wisata ini tidak begitu besar, jadi sangat aman jika bermain air diarea ini.

4. Spot Foto

Pengelola setempat membuatkan jembatan tepat didepan air terjun jumog. Ini menjadi spot foto atau selfie terfavorit para pengujung. Kadang anda harus sabar mengantir untuk dapat berselfie ria diatas jembatan ini, karena memang foto di atas jembatan ini air terjun jumog terlihar semakin cantik dan elok untuk dipandang.

5. Makan di Tepi Sungai

Berkunjung ke wisata ini anda tidak perlu takut untuk kelaparan, karena ditempat ini terdapat warung-warung makan disepanjang jalur menuju air terjun. Warung-warung ini menyediakan berbagai macam jajanan dan makanan. Seperti jagung bakar, siomay, mie instan, aneka minuman dan yang menjadi ciri khas di warung ini ialah menjual sate kelinci.

Keunikan jajan diwarung ini anda dapat menikmati sajian makanan tepat dipinggir sungai, yang telah disediakan oleh penjual tersebut. Bisa membayangkan bagaimana nikmatnya makan siang ditepi sungai yang indah dan segar untuk dipandang.

Harga Tiket Air Terjun Jumog

Setelah mengetahui keindahan destinasi wisata ini, maka tak mengherankan jika Anda pun akan tertarik untuk mengunjunginya bukan. Walaupun fasilitasnya tidak selengkap tempat wisata hits lainnya, namun dapat dibilang fasilitas yang ada disini cukup memuaskan pengunjung.

Untuk harga tiketnya sediripun masih sangat terjangkau, anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000 untuk harga tiket per orangnya. Sedangkan untuk parkir sediri, sepeda motor hanya Rp. 2.000 sementar itu untuk biaya parkir mobil hanya sekitar Rp. 5.000 saja.