Mengenal Bisnis Franchise dan Tips Memilih Usaha Waralaba yang Menguntungkan

Mengenal Bisnis Franchise dan Tips Memilih Usaha Waralaba yang Menguntungkan

Di era sekarang bisnis franchise atau lebih dikenal sebagai bisnis waralaba merupakan jenis model bisnis yang sedang naik daun. Jenis usaha ini berpeluang bagi pebisnis pemula maupun yang mempunyai modal dan sudah berpengalaman.

Konsep yang ditawarkan bisnis franchise memang perlu dipelajari agar anda yang terjun mendapat cuan maupun keuntungan. Pada dasarnya bisnis ini adalah sebuah usaha yang memang di konsep agar saling menguntungkan antara pemilik brand usaha dan orang yang bekerja sama didalamnya.

Untuk modal bisnis franchise ada beragam mulai dari jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta dan anda sudah mendapatkan brand dan produk yang resmi. Dengan adanya sistem yang telah disepakati sebelumnya maka anda akan membeli sebuah royalti dengan hak bisnis yang saling menguntungkan.

Lalu sebenarnya apa itu franchise? Bagi orang yang masih awam tentu masih ragu untuk terjun langsung ke dalam bisnis tersebut. Sebab saat awal-awal terjun ke dunia bisnis dan belum mengetahui seluk beluknya dunia usaha dan mengeluarkan modal terlalu tinggi takut mengalami kerugian. Untuk itu mari kita bahas apa pengertian franchise itu sendiri berikut penjelasannya.

Pengertian Franchise

Franchise adalah bentuk kerjasama bisnis yang dilakukan antara pemilik waralaba dengan pihak lain ataupun pemilik modal yang bersedia membayar untuk mendapatkan izin berupa merk, produk, sistem perusahaan sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Ada beberapa istilah yang terdapat dalam bisnis franchise diantaranya:

  • Franchisor : pemilik waralaba
  • Franchisee : penerima waralaba
  • Franchise fee : biaya awal yang wajib dibayar oleh penerima waralaba untuk mendapatkan lisensi, sistem, desain lokasi, produk dan lainya.
  • Royalty fee : biaya yang harus dibayar setelah usaha berjalan.

Sudah banyak contoh bisnis franchise di Indonesia yang beredar dan ditawarkan baik secara online maupun dengan menghasilkan proposal langsung ke perusahaan. Untuk biaya menjalankan musyawarah memang beragam ada yang murah hingga yang mahal tergantung dari potensi bisnis tersebut.

Untuk itu anda perlu menyiapkan dana modal awal terbesar 10 hingga ratusan juta untuk jenis waralaba tingkat nasional. Sedangkan bagi Anda yang masih pemula bisa juga mencoba bisnis waralaba dengan modal kecil dulu berkisar 5 jutaan.

Peluang bisnis waralaba dengan modal kecil saat ini memang banyak peminatnya. Beberapa jenis yang sering dilirik adalah waralaba makanan dan minuman. Selain itu bisnis franchise modal kecil yang juga dilirik di kalangan masyarakat seperti waralaba laundry.

Untuk jenis usaha waralaba dengan modal besar mencapai ratusan hingga miliaran biasanya mengacu pada bisnis bidang kesehatan, kecantikan, ritail, bidang usaha industri dan jasa pendidikan.

Tips Memilih Bisnis Franchise

Bagi Anda yang berminat untuk terjun dan ingin mempunyai bisnis franchise, berikut akan kami paparkan tips untuk memilih bisnis waralaba yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan.

1. Pilih Jenis Franchise yang Punya Banyak Pembeli

Pertimbangan pertama sebelum memilih franchise anda perlu mereset bahwa produk dan jasa yang Anda pilih mempunyai banyak pembeli. Dengan demikian anda dapat menilai dan memasarkan produk tersebut dengan mudah.

Dengan produk dan jasa yang sudah dikenal masyarakat maka anda akan mudah mendapatkan untung sehingga modal dapat kembali dengan cepat.

2. Mempunyai Harga Terjangkau di Masyarakat

Selanjutnya, tips memilih franchise adalah mempunyai harga yang relatif terjangkau di mata pembeli. Memang ada beberapa jenis franchise yang menawarkan harga yang cukup tinggi, namun anda perlu melihat pasar yang akan Anda pilih jadi anda tidak salah dalam memilih waralaba.

3. Sesuaikan dengan Modal

Pertimbangan lain yang tidak kalah pentingnya adalah untuk melihat modal yang Anda punya. Jangan sampai Anda memilih bisnis franchise dengan modal melebihi budget yang membuat Anda memutuskan untuk mengambil dana pinjaman ke bank.

Anda tidak melakukan hal tersebut sebab bisnis princess tersebut belum tentu memberi keuntungan seperti yang Anda pikirkan sebelumnya. Tetap berpikir bijak dan realistis sebab menjalankan bisnis memerlukan proses. Ketika sudah menghasilkan dan mempunyai prospek bagus Anda bisa mengembangkan dan membuka cabang yang lainnya.

4. Lokasi yang Strategis

Bagi pelaku usaha franchise lokasi yang strategis adalah kunci mendapatkan keuntungan. Beberapa contoh lokasi strategis adalah berada di pinggir jalan, dekat dengan keramaian, masyarakat yang mempunyai daya beli tinggi dan yang lainya.

5. Pelajari Laporan Keuangan

Sebelum menjalin kerjasama dengan pihak waralaba Anda bisa mempelajari dulu laporan keuangan dari bisnis yang dijalankan. Dari laporan keuangan tersebut anda bisa melakukan pertimbangan antara risiko dari bisnis yang ingin anda geluti.

Jika pihak bisnis waralaba tidak mau terbuka dengan memberikan informasi tentang pengelolaan keuangan Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk menjalin kerjasama. Siapa bisa jadi perusahaan tersebut mengalami beberapa permasalahan tentang pengelolaan keuangan.

Apakah Anda tertarik untuk memilih membuka bisnis franchise? pilihan bisnis waralaba memang cocok untuk semua kalangan baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Dalam rangka meningkatkan penjualan bisnis yang dikelola jangan lupa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kepada pelanggan.

Untuk mengembangkan bisnis Anda juga bisa menggunakan layanan GoBiz yang mampu meningkatkan omzet dengan jangkauan konsumen yang lebih luas. Disamping itu, terdapat layanan pesanan layan antar yang lebih efisien waktu. Penggunakan aplikasi GoBiz juga bisa membantu Anda membuat promo, memilih metode pembayaran, menu produk maupun laporan keuangan yang sangat terperinci.