Pentingnya Melakukan Latihan Otot Inti

Misalkan Kamu melihat dari jauh sosok pendek melengkung, membuat langkah-langkah pendek dan lambat. Kemungkinan besar, Kamu akan menyimpulkan bahwa orang tersebut sudah sangat tua. Posisi melengkung memberi Kamu panduan.

Mengapa penuaan membengkokkan begitu banyak tubuh seperti ini? Alasannya adalah bahwa banyak orang, sepanjang hidup mereka, tidak menjulurkan leher sepenuhnya, dan dengan demikian otot-ototnya memendek. Berjam-jam membaca, menjahit, menulis, atau berdiri di meja kerja memakan korban. Akhirnya, endapan garam kalsium di sendi menyelesaikan proses fiksasi. Setelah kalsifikasi ini terjadi, tidak ada yang bisa dilakukan untuk membalikkannya.

Untungnya, para manula dapat mengambil tindakan sebelum terlambat. Tindakan terbaik adalah olahraga teratur yang meregangkan otot dan meningkatkan kelenturan, khususnya otot jantung. Jenis respons ini relatif penting karena sejumlah faktor yang bila dianggap biasa hanya akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Apa otot inti?

Otot inti berhubungan dengan otot di obliques, abdomen, punggung bawah, dan otot gluteal. Keempat area tubuh inilah yang biasanya membingkai postur tubuh seseorang. Karenanya, postur tubuh yang baik mencerminkan kondisi baik dari area otot tersebut.

Yang tidak diketahui orang adalah bahwa otot jantung sebenarnya adalah “jantung” atau bagian sentral dari semua kekuatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja berbagai aktivitas fisik. Ini hanya berarti bahwa jika otot inti seseorang kuat secara fisik, mereka akan menjaga keseimbangan tubuh dan menstabilkan sistem setiap kali seseorang berolahraga dan bergerak.

Memperkuat otot jantung

Tanggung jawab utama otot inti adalah menyediakan energi yang cukup untuk tubuh agar dapat memenuhi tantangan dinamis dari setiap aktivitas fisik yang dialami seseorang.

Untuk alasan ini, banyak ahli kesehatan dan kebugaran telah mengakui bahwa memperkuat otot inti relatif penting dibandingkan dengan otot lain di tubuh. Melalui serangkaian percobaan dan penelitian, mereka menemukan bahwa memiliki inti tubuh yang lebih kuat dapat mengurangi banyak masalah kesehatan terkait postur tubuh.

Misalnya, otot inti yang beradaptasi dengan baik dapat menunjukkan postur tubuh yang baik. Itu juga dapat meningkatkan daya tahan punggung sepanjang hari.

Mengapa? Karena otot-otot yang termasuk dalam kelompok otot inti sebenarnya adalah yang melakukan fiksasi yang tepat pada seluruh batang tubuh bagian atas dan bawah.

Nah, bagi yang ingin mengetahui dan memahami pentingnya memperkuat otot inti, berikut beberapa manfaat yang bisa Kamu jadikan referensi:

1. Memperkuat otot-otot inti akan memperbaiki postur tubuh dan mencegah nyeri punggung bawah yang berasal dari otot.

Artinya Kamu memasukkan latihan peregangan ke dalam rutinitas Kamu, dengan fokus khusus pada otot-otot di bagian atas dan depan batang tubuh, termasuk otot perut dan inti, aktivitas tersebut cenderung memperkuat otot punggung yang meregang di tulang belakang.

2. Ini akan membantu mengencangkan otot, sehingga menghindari cedera punggung lebih lanjut

Melatih otot inti akan memperkuat dan mengencangkan otot di punggung bawah dan bokong sambil meregangkan otot pinggul dan otot di bagian depan paha.

Mencapai kondisi ini akan menghindarkan Kamu dari cedera punggung bawah yang serius.

3. Meningkatkan kinerja fisik

Melatih otot inti dengan peregangan yang lambat dan stabil sama efektifnya dalam menghilangkan kekakuan dan meningkatkan kelenturan. Begitu kelenturan seseorang meningkat, maka ia akan mampu melakukan aktivitas fisiknya dalam kondisi yang lebih baik.

4. Tidak menyebabkan nyeri otot

Peregangan statis otot inti paling baik untuk otot dan jaringan ikat. Dan karena hanya menggunakan peregangan lambat, tidak akan menimbulkan rasa sakit, seperti halnya latihan lompat cepat yang mengKamulkan otot yang berkontraksi.

5. Meregangkan otot dan menghindari kaki yang tidak seimbang seiring bertambahnya usia

Latihan inti meregangkan otot-otot yang berkontraksi akibat rasa sakit. Ini juga mencegah rasa sakit dari latihan yang berat jika disertakan di akhir setiap latihan.

Pakar kesehatan dan kebugaran sangat menyarankan untuk segera memulai latihan inti dan mengulangi rutinitas tersebut setidaknya dua kali seminggu. Operasi bisa dilakukan setelah berolahraga atau bahkan selama beraktivitas, hanya selama 10 hingga 20 menit.

Padahal, otot inti sangat penting dalam menentukan postur tubuh yang baik. Memperkuatnya bisa menghilangkan sakit punggung itu sepenuhnya.