Jenis dan Cara Baca Flow Meter yang Benar Wajib Tahu

Jenis dan Cara Baca Flow Meter yang Benar, Wajib Tahu

Flow meter adalah alat ukur kecepatan atau volume aliran suatu fluida dalam pipa. Instrumen ini digunakan secara luas di berbagai industri untuk mengetahui berapa besar aliran berbagai jenis fluida, baik air maupun gas.

Jika Anda sedang atau baru mendengar tentang alat flow meter, sebaiknya ketahui lebih lanjut jenis, bedanya dengan meteran, hingga cara kerjanya pada artikel ini. Kami akan ulas secara lengkap untuk Anda.

Apa itu Flow Meter?

Flow meter merupakan alat untuk membaca laju aliran fluida, seperti namanya. Dari alat ini, Anda bisa tahu berapa velocity dengan satuan jarak/waktu, satuan unit pengukuran, kapasitas aliran (flow rate), total volume, berapa banyak (yang dinyatakan dalam volume) fluida yang telah mengalir.

Adanya yield berupa fundamental output juga membuat flow meter dapat membantu proses control atau screen menjadi lebih mudah.

Sekilas, mungkin Anda mengira flow meter sama seperti meteran air? Meskipun fungsi keduanya sama-sama untuk mengukur laju volume fluida, namun penggunaan dan bentuknya berbeda.

Dari penggunaannya, flow meter lebih ditujukan untuk skala industri yang lebih besar, seperti industri kimia, minyak dan gas, dan pengolahan air. Sementara meteran air umum digunakan di rumah tangga dan gedung perkantoran.

Mengapa Flow Meter Penting?

Flow meter memiliki peran penting dalam berbagai industri yang melibatkan supply hingga pengolahan fluida. Sebagai alat ukur, flow meter membantu dalam menyediakan informasi yang valid mengenai kapasitas dan kecepatan fluida yang mengalir.

Di mana informasi tersebut akan menjadi parameter penting yang dapat mempengaruhi untung dan rugi perusahaan. Misalnya, data konsumsi fluida yang diperoleh dari flow meter dapat digunakan untuk membantu perusahaan saat menghitung biaya produksi dan operasional.

Lebih daripada itu, data yang keluar dari screen control flow meter juga menjadi informasi penting ketika serah dan terima produk migas, bukan hanya fluida tapi juga perlengkapannya seperti pompa, pipa, dan kompresor.

Petugas bisa mengantisipasi kerusakan pada mesin dan memiliki acuan data dalam jadwal maintenance berkala. Sehingga, komponen yang terkait dengan fluida bisa terjaga dan selalu dalam keadaan aman.

Jenis-jenis Flow Meter Fluida

Jenis jenis Flow Meter Air

Di pasaran, terdapat berbagai jenis flow meter yang didesain dengan spesifikasi tertentu sesuai kebutuhan pengukuran dan kondisi, di antaranya:

1. Flow Meter Turbin

Terdiri dari pipa dengan roda turbin yang berputar searah dengan laju aliran fluida. Biasanya, flow meter turbin digunakan untuk viskositas rendah hingga sedang. Sangat akurat untuk aliran stabil, namun rentan terhadap partikel padat.

2. Flow Meter Magnetic / Elektromagnetic

Flow meter ini menggunakan prinsip induksi elektromagnetik dalam pengukurannya. Terdapat pipa non-magnetik dengan elektroda di dalamnya. Karena tidak memiliki bagian yang bergerak, maka flow meter ini cocok untuk cairan korosif.

3. Flow Meter Ultrasonic

Seperti namanya, flow meter ini menggunakan gelombag suara untuk mengukur kecepatan aliran fluida. Di dalam pipanya, terdapat transduser ultrasonik yang menjadi komponen utama. Flow meter ini cocok diaplikasikan untuk pipa dengan cairan kental.

Cara Baca Flow Meter yang Benar

Flow meter bekerja dengan prinsip mengukur perubahan tekanan, kecepatan, atau sifat fisik yang terjadi pada aliran fluida. Berikut cara membaca flow meter yang benar:

  • Pada Display Digital

Anda bisa membacanya secara langsung di display digital yang menunjukkan parameter tertentu. Tentunya, Anda harus sudah memahami satuan yang digunakan, ya.

  • Output Analog

Bagian sinyal analog 4-20 mA menunjukkan nilai yang proporsional dengan nilai aliran. Sinyal ini dapat menghubungkan ke instrumen lain seperti, PLC, DCS, atau recorder untuk diproses lebih lanjut. Namun, Anda perlu mengkonversi sinyal analog menjadi nilai aliran agar lebih mudah dibaca.

  • Output Digital

Jika flow meter dilengkapi port komunikasi seperti RS-232, RS-485, atau Modbus, data aliran dapat dibaca menggunakan khusus yang kompatibel.

Itulah penjelasan mengenai jenis hingga cara membaca flow meter. Dapatkan flow meter berkualitas di distributor flow meter resmi dan terpercaya yaitu PT. Gajah Unggul Pratama.