3 Tips Eksfoliasi Wajah Berdasarkan Jenis Kulit dan Beragam Manfaatnya

TANYABERITA.COM – Untuk memiliki wajah yang sehat halus dan cerah tidak cukup hanya dengan menggunakan skincare saja. Eksfoliasi adalah kunci untuk menjadikan kulit lebih lembut dan juga sehat. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah, Selain itu eksfoliasi wajah juga mambentu agar bahan-bahan aktif dalam skincare dapat bekerja dengan maksimal.

Fungsi Eksfoliasi

Sebaiknya eksfoliasi dilakukan secara rutin sebanyak satu kali dalam seminggu atau setidaknya dua kali dalam sebulan. Tak hanya mengelupas sel kulit mati sehingga wajah tampak lebih halus, eksfoliasi juga memiliki fungsi lain yang kami lansir dari berbagai sumber, Rabu (17/02/2021) sebagai berikut:

1. Mencerahkan Wajah

Sel kulit mati yangmenumpuk akan membuat kulit tampak lebih kusam, setelah dilakukan eksfoliasi secara rutin maka wajah secara otomatis akan nampak lebih cerah.

2. Membantu Proses Regenerasi Sel

Secara alami sel-sel kulit wajah akan memperbarui diri atau regenerasi selama 28 – 30 hari sekali. Dengan melakukan eksfoliasi, Anda akan merangsang kulit wajah untuk beregenerasi lebih cepat sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat.

3. Membersihkan Pori-pori Tersumbat

Sel kulit mati ini terkadang dapat menyumbat pori-pori ataupun menjaring kotoran dari luar sehinggan menyumbat pori-pori. Dengan melakukan eksfoliasi maka pori-pori menjadi lebih bersih.

4. Mencegah Jerawat

Wajah dan pori-pori yang senantiasa bersih tentu saja akan mengurangi peluang tumbuhnya jerawat.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah suatu zat yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit yang membuat kulit tampak lebih kencang dan kenyal, meminimalkan tampilan garis-garis halus dan juga kerutan pada kulit wajah. Rajin melakukan eksfoliasi aka merangsang kulit untuk menghasilka lebih banyak kolagen.

6. Membantu Efektifitas Skincare

Wajah bersih dan bebas sel kulit mati membuat kandungan aktif dalam skincare lebih cepat bereaksi.

7. Makeup Lebih Tahan Lama

Ketika kulit bersih dan halus maka aplikasi make up akan lebih mudah dan juga lebih tahan lama.

Proses eksfoliasi ini dapat dilakukan dengan cara mekanis (physical exfoliator) dan kimiawi (chemical exfoliator). Eksfoliasi secara mekanis, biasanya dilakukan dengan bantuan alat atau face scrub. Sedangkan eksfoliasi secara kimiawi, dilakukan dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit dengan memilih kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau BHA (Beta Hydroxy Acids).

Tips Eksfoliasi

Dalam melakukan proses eksfoliasi, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah lakukan sesuai dengan jenis kulit. Berikut beberapa tipsnya:

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat karena minyak yang berada pada wajah mudah dihinggapi kotoran dan debu juga radikal bebas. Untuk membersihkan dan melakukan eksfoliasi pada jenis kulit berminyak, sebaiknya lakukan eksfoliasi mekanik dengan menggunakan produk eksfoliasi scrub, brush dan sponge. Hal ini akan sangat membantu menyingkirkan kotoran-kotoran yang membandel dan juga menekan produksi minyak berlebih pada wajah.

2. Jenis Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif akan sangat mudah terkena iritasi. Untuk jenis kulit ini sebaiknya tidak menggunakan eksfoliasi mekanik karena resiko iritasinya sangat tinggi. Untuk melakukan eksfoliasi kimia Anda dapat memilih sesuai dengan keluhan yang ada untuk membersihkan komedo yang membandel dapat memakai BHA. Jika tidak ada keluhan komedo cukup menggunakan produk dengan kandungan AHA.

3. Jenis Kulit Kering

Untuk kulit kering juga tidak disarankan melakukan physical eksfoliator. gunakan produk eksfoliator yang sekaligus dapat melembabkan kulit. Untuk anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah produk chemical eksfoliator yang mengandung AHA.