Gejala dan Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari yang Bisa Dicoba

Kenali Gejala dan 5 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari yang Bisa Dicoba

Kulit terbakar matahari (sunburn) biasa terjadi akibat paparan sinar matahari ultraviolet (UV) yang berlebihan. Bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan sunscreen atau tabir surya akan berisiko mengalami sunburn atau kulit terbakar matahari. Tidak hanya mengganggu penampilan, Anda juga akan merasa tidak nyaman di kulit karena rasa perih.

Kondisi ini tidak boleh dibiarkan saja, pasalnya jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kulit iritasi. Maka dari itu Anda harus mengetahui gejala dan penyebab kulit terbakar matahari agar bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Gejala Kulit Terbakar Matahari

Setiap orang akan mengalami gejala sunburn atau kulit terbakar sinar matahari yang bervariasi, mulai dari ringan hingga yang berat. Pada umumnya tanda-tanda sunburn antara lain seperti di bawah ini:

  • Kulit berwarna kemerahan
  • Kulit akan terasa panas atau hangat ketika disentuh
  • Terasa nyeri dan gatal
  • Terjadi pembengkakan
  • Munculnya lepuhan kulit yang berisi cairan
  • Mata terasa sakit atau seperti berpasir
  • Jika gejalanya parah akan mengalami sakit kepala, demam, mual, hingga pingsan.

Daripada mengobati, alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan agar tidak mengalami sunburn. Mengingat bahaya paparan sinar matahari berlebih pada kulit tidak bisa dianggap remeh. Apalagi jika sunburn terjadi di area yang terbuka, tentu saja akan menganggu penampilan Anda.

Tips Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Namun jika sudah terlanjur mau bagaimana lagi. Mau tidak mau Anda harus mencari solusi untuk mengatasinya agar tidak semakin parah. Lantas bagaimana cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari yang ampuh? Solusi yang tepat adalah dengan melakukan perawatan kulit yang lebih intensif. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berbelebih yang bisa dicoba.

1. Lindungi Kulit dengan Tabir Surya

Tips yang pertama adalah melindungi kulit dari sengatan sinar matahari berlebih. Di mana Anda bisa mencegah kulit terbakar matahari dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen di kulit tubuh maupun wajah. Bukan hanya itu saja, sebaiknya Anda juga memakai pakaian yang tertutup dan penutup kepala ketika keluar ruangan.

2. Memanfaatkan Lidah Buaya

Jika gejalanya ringan, maka Anda juga bisa mengatasi sunburn secara alami dengan menggunakan lidah buaya. Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan yang bersifat menenangkan kulit yang meradang, bahkan juga bisa memulihkan luka bakar ringan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya pada area kulit yang terbakar sinar matahari.

Pastikan Anda menggunakan lidah buaya yang masih segar langsung dari tanamannya. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan produk gel lidah buaya. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pilihlah produk dengan kandungan lidah buaya yang tinggi.

3. Kompres dengan Air Dingin

Tips yang ketiga yaitu mengompres bagian kulit yang terbakar sinar matahari dengan menggunakan air dingin. Cara ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk meringankan gejala sunburn.

Anda bisa menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air dingin, lalu kompres selama 10 sampai 15 menit pada bagian kulit yang terkena sunburn. Anda bisa melakukan cara ini paling tidak 2 kali dalam sehari hingga rasa perih akibat sunburn dan kulit kemerahan hilang.

4. Oleskan Krim Pelembap Kulit

Salah satu gejala kulit terbakar sinar matahari adalah terjadinya perubahan warna kulit yang awalnya normal menjadi kemerahan seperti ruam. Kondisi itu biasanya akan menimbulkan rasa perih. Jika dibiarkan akan mengakibatkan kulit menjadi kering.

Agar terhindari dari kulit kering, Anda bisa mengoleskan krim pelembap kulit. Untuk mendapatkan manfaat mendinginkan kulit terbakar matahari, pastikan Anda memilih produk pelembab kulit dalam bentuk gel.

5. Mandi Menggunakan Air Dingin

Mandi atau berendam air dingin dapat mempercepat proses pemulihan kulit terbakar sinar matahari. Pasalnya, air dingin dipercaya mampu meringankan rasa perih akibat sunburn. Sebelum pulih sepenuhnya, alangkah baiknya jika Anda menghindari mandi air hangat selama Anda mengalami sunburn.