Harga Duku per KG Terbaru

Harga Duku per KG Terbaru Mei 2024 dan Manfaatnya

TANYABERITA.COM – Kali ini kami akan menyampaikan informasi update harga buah duku Palembang per 1 kg dan duku Matesih dipasaran saat ini yang banyak di buru para pecinta buah saat sudah musimnya. Buah duku atau yang mempunyai nama latin Lansium parasiticum merupakan salah satu jenis keluarga buah langsat. Perbedaannya, buah duku dan langsat terdapat pada dagingnya. Buah duku mempunyai daging  lebih tebal, rasa yang lebih manis. Buah duku juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Duku Palembang memang populer dan bisa dipetik pada musimnya. Duku kota Palembang menjadi primadona dan disandingkan dengan jenis duku lainta. Rasa duku Pelembang menang juara makanya harga jualnya terbilang paling tinggi dibanding duku lainya. Ciri duku Palembang adalah rasanya manis dan nyaris tanpa biji.

Banyak orang belum paham akan perbedaan buah langsat dan duku. Anda bisa membedakan dari pohonya. Pohon duku  memiliki bunga yang berwarna putih-karang tersusun dalam untaian. Sedangkan, buahnya bentuknya kecil-kecil bulat telur, bergerombol, dan berwarna cokelat susu. Daging buahnya berwarna putih dan berbiji, tapi kadang ada juga yang bergetah.

Beberapa sumber menyebutkan jika duku berasal dari Asia Tenggara bagian Barat, seperti negara Thailand. Dan di Indonedia tumbuh subur di Kalimantan di sebelah Timur. Memang duku bisa tumbuh subur dengan tanah yang gembur dan mempunyai asupan air yang cukup pada musim kemarau.

Jika ingin membudidayakan buah duku perlu mengetahui beberapa ilmu dan masa panennya. Duku memiliki dua musim panen, Jadi anda mempunyai keuntungan dengan memanen dua kali dalam musimnya. Pohon duku dapat berbuah lebat pada tiga bulan awal tahun masehi sedangkan pada bulan April hingga akhir tahun jumlahnya tidak seperti di bulan tiga awal tersebut.

Baca juga:

Nah, inilah cara membedakan buah duku, langsat dan kokosan. Buah duku memiliki 3-10 buah per tandan, buah langsat 15-25 butir per tandan. Pada kulit buah kokosan berwarna kuning tua, tidak seperti duku lebih ke semu-semu kuning segar. Ciri kokosan ukuranya lebih kecil dibandingkan dengan buah duku, namun kulitnya lebih tipis dan bijinya lebih besar.

Berapa harga duku Palembang sekilo saat ini? Saat jalan-jalan di tempat pariwisatan dan pas musim panen buah duku maka Anda akan melihat penjual duku di pinggir jalan. Tak lengkap jalan-jalan tanpa membeli oleh-oleh untuk dimakan di rumah. Bisa dibilang harga duku palembang 1 kg masih ramah di kantong tergantung kwalitasnya.

Untuk harga duku sekilo tahun 2021 dan 2022 tidak mengalami perubahan yang signifikan seperti harga minyak yang melambung tinggi. Buah duku memang enak dinikmati saat waktu santai bersama keluarga dan bercerita di teras rumah. Membeli buah duku 1 kilo untuk disantap rasanya tidak cukup, setidaknya membeli 5 kilo untuk cadangan buah beberapa hari.

Kandungan Buah Duku

Berdasarkan ketetapan Data Pangan Kemenkes RI, buah duku sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai macam nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Inilah Nutrisi yang perlu Anda ketahui dalam 100 gram buah duku.

  • Air: 8,0 gr
  • Karbohidrat: 16,1 g
  • Serat: 4,3 gr
  • Energi: 63 Kal
  • Protein: 1,0 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Kalium: 149,0 mg
  • Kalsium: 18 mg
  • Tembaga: 0,09 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Thiamin: 0,05 mg
  • Riboflavin: 0,15 mg
  • Fosfor: 9 mg
  • Besi: 0,9 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Niacin: 1,5 mg
  • Vitamin C: 9 mg

Berbagai nutrisi yang terdapat dalam buah duku mampu memberi manfaat yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Untuk membeli buah duku terdekat dapat datang ke swalayan atau toko buah terdekat dengan harga bervariasi terganting jenis duku yang dibeli.

Manfaat Duku dalam Dunia Kecantikan

Harga Duku Naik

Indonesia patut bangga karena banyak jenis buah-buahan yang tumbuh saat musim tropis. Duku memang dijual mahal jika dipasarkan di luar negeri. Buah duku enaknya disantap saat waktu santai. Buah duku memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut sederet manfaatnya yang kami kutip dari berbagai sumber.

1. Antioksidan

Akibat radikal bebas yang mampu mengganggu ekosistem tubuh anda bisa mengonsumsi buah duku karena kandunga vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan buah duku berperan menghindarkan tubuh dari kerusakan dari polusi dan zat beracun.

2. Obat Awet Muda Alami

Anda yang ingin tambil cantik dan awet muda ada cara alami yang bisa dilakukan tanpa efek samping. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah duku dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat polusi atau racun. vitamin E dalam buah duku berguna menjaga kesehatan kulit, menjaga tetap lembab, menyembuhkan luka dengan cepat sertamenjaga kulit dari sinar UV yang menyebabkan kulit kering.

Baca juga:

4. Sistem Imun

Menjaga sistem imun sangat penting apalagi di masa pandemi Anda perlu mendapatkan asupan yang tepat. Buah duku dengan kandunga vitamin C memberi manfaat menjaga kekebalan tubuh dan masa pemulihan.

5. Menurunkan Berat Badan

Buku duku apakah bisa membantu menurunkan berat badan? jarang orang yang tahu jika buah duku mengandung karnitin berguna mengubah lemak menjadi energi dalam tubuh. Anda yang mempunyai lemak lebih mengonsuksi buah duku cukup bisa membakal lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Selain manfaat diatas, duku juga bermanfaat untuk memperkuat gigi, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi diare, demam dan lain sebagainya.

Cara Menanam Duku dan Perawatanya

Harga Duku Palembang

Inilah cara cepat menanam duku agar cepat berbuah sehingga mendapatkan cuan yang tinggi saat musim panen. Berikut ulasan seputar cara menanam duku dari biji dan bibit.

Persiapan Bibit Duku

Pilih bibit buah duku unggul agar duku tumbuh tidak memakan waktu lama dan cepat berbuah. Untuk mendapatkan bibit buah duku unggul anda bisa beli bibit duku onlie atau sentra bibit pohon duku. Memilih bibit tanaman duku tidak boleh sembarangan setidaknya ada 3 varian buah duku terbaik diantaranya bibit Duku Palembang, bibit Dukong Malaysia, dan Tanaman Duku tanpa biji.

Baca juga:

Harga bibit duku bervariasi biasanya bibir duku Palembang dijual 110 ribu rupiah. Untuk bibit dukong seharga 120 ribu, dan yang paling mahal adalah bibit tanaman duku tanpa biji dibandrol 160 ribu karena kualitas dan rasanya paling diminati masyarakat.

Penanaman Bibit Duku

Langkah selanjutnya yaitu media tanam yang berpasir, arang sekam, dan kompos ataupun pupuk kandang. Anda bisa mencampurkan ketiga media tersebut dengan perbandingan 1x1x1. Diaduk dan biarkan 1-2 hari agar kesemua bahan menyatu dengan sempurna.

Pilih lokasi tanam jauh dari bangunan yang tinggi atau pepohonan. Pastikan cahaya matahari cukup untuk menyinari tanaman dengan sempurna. Jarak antar tanaman dengan lebar 60×60 cm berikan jarak antar tanaman sekitar 1 meter. Buat bedengandengan menanam 1-5 pohon duku di pekarangan.

Cara Merawat Pohon Duku

Anda harus ulet saat merawat pohon duku jika ingin buah duku tumbuh lebat. Lakukan penyiraman tanaman, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pemangkasan serta pengendalian hama tanaman secara rutin. Hama adalah musuh utama tanaman duku, lakukan pembersihan secara manual lakukan penyemprotan dengan pestisida pada area tanah dengan komposisi yang tepat agar tidak merusak ekosistem dan pertumbuhan.

Harga duku di pasar induk kramat jati Jakarta menjadi perhatian untuk masyarakat yang ada di sekitar. Menginat permintaan warga lokal cukup tinggi, setidaknya harga buah duku bisa naik sewaktu-waktu.

Jenis duku baturaja dan duku palembang memang menjadi primadona di beberapa sentra pasar Jakarta. Harga duku per 1 kilo di pasar tersebut tak jarang mengalami pasang surut.

Harga Duku Palembang per Kg Bulan Ini

Harga Duku per Kg di Pasar Induk

Dari laman tanyaberita.com akan menyajikan daftar harga terkini buah duku saat ini baik yang dijual online dan di pasar. Harga Duku Palembang 1 Kg memang banyak dijual dipasaran mengingat paling banyak peminatnya. Beberapa situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan situs lainya juga memberikan update harga Duku Palembang 1 Kg dengan tawaran harga produk Duku Palembang 1 Kg paling tinggi.

Baca juga:

Jenis BuahHarga
Buah Duku Palembang Manis Segar NikmatRp18.000
Buah Duku Palembang 1 Krat IsiRp350.000
Buah Duku Palembang 1Rp29.300
Buah Duku Palembang 1Rp32.500
Buah Duku PalembangRp35.000
Duku Palembang Segar PerRp40.000
Buah Duku Palembang Asli 1kg ManisRp55.000
DukuRp21.000
Buah Duku PalembangRp43.000
Buah DukuRp50.000

Para pedagang buah duku palembang biasanya membandrol mulai Rp15.000 per kg -Rp20.000 per kg saat panen awal dan perlu Anda ketahui jika perbedaan harga buah duku tersebut ditentukan dari kualitas buah yang dijual.

Harga Duku Per Kilo di Pasaran dan Bibit

Berikut ini akan kami sajikan daftar harga duku dan bibitnya yang mungkin bisa menjadi referensi Anda. Harga duku per kilo dan per krat untuk pengepul buah-buahan untuk di hantarkan ke penjual buah-buahan.

Nama BuahHarga
Buah Duku PalembangRp43.000
Buah Duku Palembang 1Rp35.000
Bibit DukuRp17.000
Buah Duku Palembang Manis Segar NikmatRp18.000
Buah Duku Palembang 1 Krat IsiRp350.000
Buah DukuRp50.000
Buah Duku Dukuh Palembang FreshRp35.000
Promo Murah Bibit Duku TanpaRp25.000
Bibit Buah DukuRp17.000
Bibit Buah DukuRp22.500

Catatan: Informasi Harga Buah Duku Diatas kami kutip dari Marketplace Tokopedia, Bukalapak dan Shopee yang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Baca juga:

Demikian ulasan yang membahas mengenai Harga Duku per kilo terkini di pasaran saat ini. Memang harga terbaru duku 1 kg baik di toko buah, pasar dan swalayang berbeda-beda mengingat kwalitas dan lokasi jualnya.