Harga Lemon Per Kg Terbaru

Harga Lemon Per Kg Terbaru April 2024

TANYABERITA.COM – Update harga buah lemon lokal dan impor per kilo dipasaran saat ini dan berbagai manfaatnya. Sitrun atau jeruk sitrun yang mempunyai bahasa portugis limau atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Kali ini laman tanyaberita.com akan memberikan info harga buah lemon lokal per kilo di pasaran, harga jeruk lemon hari ini di pasar induk, promo harga jeruk lemon di Hypermart dan Superindo.

Tumbuhan buah lemon cocok di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.Buah ini terbagi menjadi dua jenis yakni lemon impor dan lemon lokal. Perbedaannya bisa kita bedakan pada warnanya, lemon lokal berwarna kuning muda, teksturnya lebih bundar dan memanjang, rasanya lebih asam daripada lemon impor. Sedangkan lemon impor kulitnya berwarna kuning tua, permukaannya licin, aromanya lebih harum dari pada lemon lokal. Untuk harga lemon lokal memang lebih murah ketimbang lemon impor.

Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F). Lemon dapat di racik ke dalam berbagai minuman segar. Manfaat air lemon yang dirasakan oleh tubuh berasal dari kandungan asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium.

Cocok sekali bagi anda yang melakukan program diet untuk mengkonsumsi air lemon. Kandungan polifenol dalam lemon mampu membantu mengurangi nafsu makan dalam proses diet ketat. Bahkan dalam studi yang pernah dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa polifenol dalam lemon membantu mencegah penambahan berat badan.

Varian Lemon ini memang tidak terlalu banyak, tidak seperti buah pisang yang terbagi menjadi beberapa macam varietas. Adapun jenis lemon ini diantaranya lemon Amerika, lemon Australia, dan lemon Jari Budha. Jenis lemon Amerika jika ingin mendapatkanya bisa di beli di pasar swalayan besar seperti Carrefour, Giant maupun Hypermart.

Ciri lemon Amerika ini mempunyai bentuk lonjong dengan ukuran besar tentu sangat menarik dipandang. Untuk warna kulitnya kuning, yang membedakannya dengan lemon lokal yang memiliki warna hijau. Harga lemon per kilo bulan ini memang cukup stabil dan jarang mengalami perubahan harga seperti buah-buahan lainya.

Manfaat Buah Lemon

Banyaknya kandunga yang terdapat dalam air lemon menjadi incaran banyak orang untuk mengkonsumsinya. Berikut adalah berbagai manfaat lemon yang kami kutip laman Lemonilo.com untuk anda.

1. Menghidrasi Tubuh

Manfaat mengkonsumsi air lemon mampu menghidrasi tubuh. Manusia membutuhkan nutrisi gula, kalori dan vitamin lainnya dari makanan dan minuman setiap harinya. Wanita minimal harus memenuhi 91 ons per hari dan pria 125 ons per hari. Air merupakan minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh, tetapi beberapa orang ada yang tidak menyukai rasa air alami. Menambahkan perasan lemon di minuman bisa membantu untuk meningkatkan rasanya sehingga minum lebih banyak.

2. Sumber Vitamin C

Lemon mampu membantu untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Vitamin C mampu mengurangi risiko dari penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan yang terdapat dalam satu gelas air lemon memiliki sekitar 18,6 miligram vitamin C. Jumlah harian yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 65 sampai 90 miligram.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air lemon yang sudah dikenal luas adalah untuk menurunkan berat badan. Adapun penelitianya adanya kandungan zat polifenol dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk program diet yang ketat maupun berkesinambungan mengkomsumsi elmon memang sangat baik dilakukan.

4. Mengurangi Kerutan pada Kulit

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah lemon mampu memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Disamping itu dengan adanya zat yang baik pada lemon mampu mengurangi keriputan pada kulit.

5. Membantu Sistem Pencernaan Tubuh

Manfaat Air lemon yang kelima adalah untuk pencahar dan membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat ketika bangun di pagi hari dapat membantu untuk membuat sistem pencernaan kamu jadi lebih baik. Air lemon juga diketahui bisa membantu detoks untuk mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat keenam dari mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Hal ini karena lemon sangat kaya akan antioksidan, yaitu vitamin C dan bioflavonoid yang mampu menangkal dari radikal bebas.

7. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat air lemon yang terakhir adalah pada kesehatan ginjal. Air lemon yang mengandung asam sitrat yang diyakini dapat mencegah batu ginjal. Konsumsi air lemon secara rutin juga bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab umum terbentuknya dari batu ginjal.

Peluang budidaya lemon yang sangat segar, sebuah balai pertanian bernama Balitjestro sebenarnya telah meluncurkan varietas baru dari lemon tanpa biji bernama Montaji Agrihorti. Varietas ini diluncurkan sebagai alternatif masyarakat yang ingin membudidayakan lemon, baik di lahan ataupun pekarangan. Montaji agrihorti mempunyai keunggulan kulitnya yang tipis serta kandungan jus tinggi, tanpa biji atau seedless.

Harga Lemon Per Kilo Terbaru

Prediksi harga lemon per kg terbaru saat ini jatuh pada angka Rp55.000 per 500 gram untuk jenis lemon impor. Untuk harga lemon lokal, di pasaran memang cukup murah, hanya Rp10.000 hingga Rp17.000 per kg saja. Berikut akan kami tampilkan list harga buah lemon di berbagai daerah Indonesia.

NoJenis dan DaerahHarga per Kg
1Lemon lokal di LampungRp10.000
2Lemon lokal di JakartaRp10.000
3Lemon lokal di SurabayaRp10.500
4Lemon lokal di MedanRp10.500
5Lemon lokal di MalangRp10.500
6Lemon lokal di MakassarRp10.500
7Lemon lokal di PasuruanRp10.500
8Lemon lokal di BanjarmasinRp10.600
9Lemon lokal di SampitRp10.600
10Lemon lokal di DepokRp10.700
11Lemon lokal di BaliRp10.700
12Lemon lokal di BalikpapanRp10.800
13Lemon lokal di PontianakRp11.000
14Lemon citra di LampungRp16.000
15Lemon citra di JakartaRp16.000
16Lemon citra di PalembangRp16.000
17Lemon citra di MalangRp16.000
18Lemon citra di MakassarRp16.500
19Lemon citra di MedanRp16.500
20Lemon citra di SurabayaRp16.700
21Lemon citra di SampitRp16.700
22Lemon citra di BanjarmasinRp17.900
23Lemon citra di PontianakRp17.900

*Daftar harga buah lemon diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan setiap daerah mempunyai patokan harga berbeda-beda.

Tambahn informasi, jika harga jeruk lemon lokal dan impor per kg di atas merupakan informasi berdasarkan tahun lalu. Sedangkan untuk tahun ini, harga lemon lokal relatif murah, berkisar mulai Rp10 ribu sampai Rp17 ribu per kilo. Sedangkan, lemon impor bandrol harganya masih melejit tinggi kisaran Rp20 ribuan sampai Rp70 ribuan per 1 kilogram.

Bagi anda pengusaha buah, grosir buah, pengepul buah untuk lemon import per karton bisa dijual mencapai Rp460 ribuan di pasaran. Semoga informasi daftar harga buah lemom terbaru diatas dapat membantu anda yang sedang mencari buah lemo.